Warta Jemaat Artinya

Actions (login required)

01. PengantarSudah tidak rahasia lagi, bahwa sejak ratusan tahun yang lalu, gereja Luhteran (Protestan) dan Gereja Roma Katolik (GRK) memiliki paham yang berbeda secara mendasar, yakni sekitar pembenaran oleh Iman. Bagi Lutheran konsep pembenaran hanya karena iman, sedang bagi GRK seseorang dapat dibenarkan melalui jasa-jasanya yang dipersembahkan demi pembangunan gereja. Perbedaan ini mempengaruhi sendi-sendi kehidupan bergereja dan interaksi kedua denominasi gereja, salah satu di antaranya berkaitan dengan pernikahan. HKBP sebagai bagian dari gereja-gereja Lutheran menganut pemahaman yang sama. Makanya selama ini, HKBP tidak pernah memperbolehkan anggota jemaatnya menikah dengan anggota GRK (kalau ada yang menikah, si mempelai tersebut dikucilkan dari keanggotaan di HKBP). Tetapi setelah adanya pernyataan bersama antara pimpinan Gereja RK dan gereja Lutheran beberapa tahun yang lalu, keadaan menjadi berubah. Sebagian jemaat HKBP menerima dengan terbuka pernikahan antara mempelai yang berasal dari GRK dengan anggota jemaat HKBP, tetapi sebagian masih ada yang belum mengakui keabsahannya dan mengucilkan anggota jemaat yang menikah dengan anggota jemaat RK. Artinya, masih terdapat sikap yang mendua dari HKBP.Untuk itulah dirasa penting mengangkat persoalan ini dalam tulisan ini, agar dengan bijaksana setiap anggota jemaat memahami dan menyikapi proses pernikahan antar denominasi ini dengan benar.02. Sekilas Kesepakatan gereja RK dengan gereja Lutheran Kesepakatan antara Gereja Lutheran Dunia (Lutheran World Federation) dengan Gereja RK ditandatangani bersama pada tanggal 31 Oktober 1999, oleh pihak LWF yang diwakili oleh Bishop Christian Krause dan Rev. Dr. Ismail Noko, dan dari pihak gereja RK diwakili Edward Idris, Cardinal Cassidy. Isi kesepakatan itu adalah tentang ajaran “Pembenaran oleh Iman” (Joint Declaration on The Doctrin of Justification). Pernyataan ini menunjukkan kesepahaman kedua denominasi gereja bahwa dalam iman Kristiani, kita hidup dan dibenarkan oleh Allah bukan berdasarkan apa yang telah kita lakukan (jasa), tetapi berdasarkan anugerah dan kasih Allah yang kita terima dalam iman.Kesepakatan ini merupakan pintu untuk saling menerima, saling mengakui di antara kedua denominasi gereja. Namun demikian, bukan seluruhnya ajaran gereja RK yang otomatis diterima oleh gereja Lutheran. Sebab, gereja Lutheran tidak mengakui adanya 7 (tujuh) Sakramen, termasuk soal kitab-kitab Deutrokanonik yang membedakan jumlah isi Alkitab yang dipakai Lutheran dengan RK. Karena itu adalah naif, bila secara otomatis kita mengatakan bahwa Lutheran dengan RK sama. Namun tembok pemisah utama yang selama ini membedakan kita dengan RK kini sudah dibuka, dan kita dapat bertemu, saling menerima dan mengakui satu dengan yang lain, namun tidak melupakan ciri khas masing-masing. 03. Apakah diperbolehkan Pernikahan antardenominasi ini?Dari pernyataan kesepakatan bersama yang telah ditandatangani di atas, pada dasarnya pernikahan antardenominasi (HKBP dan GRK) telah dapat diterima, dan ini telah disepakati pada rapat pendeta HKBP tanggal 1-5 Agustus 2005 yang lalu. Hanya saja perlu dilakukan penggembalaan khusus bagi anggota jemaat yang menikah dalam konteks antardenominasi ini. Hal ini penting, mengingat masih ada perbedaan dalam hal pelaksanaan liturgi pernikahan antara HKBP dengan GRK.Bagi mereka perlu dijelaskan secara mendetail bentuk dan tatacara pernikahan dalam gereja HKBP, demikian juga dari pihak GRK, agar masing-masing saling memahami perbedaan dan persamaan liturgi dimaksud, dengan demikian mereka dapat menghayati makna yang mendalam dari pernikahan dimaksud. Bagi HKBP pernikahan tidak dipandang sebagai sakramen, sedangkan bagi GRK itu merupakan bagian dari sakramen.Mengingat masih ada beberapa hal yang perlu diperjelas dalam kesepakatan bersama antara Lutheran dan GRK (antara lain: apakah anggota jemaat GRK yang nikah dengan anggota jemaat HKBP harus naik sidi? ), rapat Pendeta HKBP menyepakati perlunya penjelasan yang lebih mendalam (lewat Komisi teologi dan komisi Liturgi) dari pimpinan HKBP dan dijemaatkan ke seluruh jemaat HKBP. Semoga dengan penjelasan yang singkat dan sederhana ini dapat membantu anggota jemaat HKBP agar tidak lagi enggan atau takut dalam menjalin hubungan cintakasih (menikah) dengan anggota jemaat GRK. Kiranya Roh Kudus yang satu itu memampukan semua anggota jemaat (termasuk pada pelayan gereja) untuk saling memahami dan bersedia saling menerima dalam perbedaan, sepanjang tidak menyimpang dari ajaran Alkitab. (Penulis adalah Pdt. Daniel Napitupulu, M.M., tulisan ini dimuat dalam Buletin Narhasem Edisi September 2005)

Unduh & Baca Kapanpun & Dimanapun

Warta Jemaat adalah kebutuhan utama Jemaat dalam setiap informasi seputar Gereja. Unduh lalu baca Warta Jemaat dimanapun dan kapanpun.

Warta jemaat mencakup informasi-informasi penting tentang gereja dan kegiatan-kegiatannya. Tujuan penerbitan warta adalah agar jemaat bisa mendapatkan berita terkini seputar kegiatan gereja.  Selain itu, warta juga memuat renungan singkat, kalender gereja, dan kesaksian.

Bagi jemaat yang membutuhkan informasi lebih lanjut, atau terbeban untuk melayani bersama dalam pelayanan warta, dapat menghubungi:

Tim Warta [email protected]

Pandemi belum berlalu, tetap laksanakan 3M : Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak.

Sekretariat : Jln. Bukit Sion RT. 44 No. 58 Balikpapan 76113 Telp. (0542) 426017, Fax (0542) 737507, Pastori I (0542) 424510 Email : [email protected] [email protected]

Sekretariat : Jln. Bukit Sion RT. 44 No. 58 Balikpapan 76113 Telp. (0542) 426017, Fax (0542) 737507, Pastori I (0542) 424510 Email : [email protected] [email protected]

Informasi susunan penatalayan setiap pekan, jadwal ibadah rumah tangga, jadwal pengucapan syukur, ucapan ulang tahun dengan daftar warga yang berulang tahun sepanjang pekan, dan laporan keuangan. Itulah informasi yang paling sering ditemukan dalam warta jemaat di kebanyakan gereja. Setiap pekan selama setahun, isi yang disampaikan tidak pernah mengalami perubahan. Padahal, sebagai media yang setiap pekan dibagikan kepada warga jemaat, warta jemaat masih dapat dimaksimalkan.

DUA FUNGSI UTAMA WARTA JEMAAT

Pada dasarnya, warta jemaat dapat digunakan untuk menjalankan dua fungsi utama, yaitu sebagai media komunikasi dan media pembinaan.

Warta jemaat memang telah mengemban fungsi komunikasi. Hanya saja, penyajiannya lebih bersifat pengumuman sehingga terkesan kaku. Susunan lagu yang akan dikumandangkan pekan depan, bacaan Alkitab pekan depan, pokok doa yang sama dari pekan ke pekan tanpa penjabaran yang spesifik, dan laporan keuangan mungkin menjadi isi rutin warta di kebanyakan gereja. Akibatnya, fungsi komunikasi itu tidaklah maksimal.

Untuk menonjolkan kesan sebagai media komunikasi, penyajian yang lebih komunikatif tentu dibutuhkan. Hal ini dapat ditunjukkan dengan penyajian informasi menyerupai berita dalam satu atau dua paragraf, tergantung kebutuhan. Bisa berupa hal-hal yang terjadi dalam kehidupan berjemaat, misalnya kelahiran, informasi pemilihan majelis, dan sebagainya.

Bila fungsi sebelumnya lebih bertujuan sosial, terhadap sesama warga jemaat, fungsi kedua ini lebih ditujukan pada peningkatan relasi dengan Tuhan. Artinya, bila warta jemaat bisa menjalankan fungsi pembinaan seperti ini, warga jemaat dimungkinkan untuk mendapatkan pemahaman Alkitab selain dari khotbah, maupun dari kegiatan penelaahan Alkitab.

Hal ini jelas memberi keuntungan sebab sebuah naskah tercetak memungkinkan kita untuk membacanya berkali-kali tanpa takut melewatkan satu kata pun. Bandingkan dengan khotbah atau diskusi dalam penelaahan Alkitab.

PARA PELAKSANA DAN PENYEDIA BAHAN

Dua fungsi utama yang diemban warta jemaat itu memang akan menumbuhkembangkan kehidupan berjemaat. Namun, siapakah yang akan mengerjakannya? Padahal para pegawai kantor sudah disibukkan dengan berbagai urusan administrasi gereja.

Pemanfaatan warta jemaat untuk dua tujuan di atas memang membutuhkan sejumlah tenaga untuk mengelolanya. Apalagi mengingat warta tersebut akan diedarkan setiap pekan. Akan tetapi, kondisi ini justru membuka peluang bagi pemberdayaan warga gereja.

Para pemuda gereja, sebagai warga gereja yang berjiwa dinamis, dapat menjadi kekuatan penggerak untuk mengelola warta jemaat ini. Bersama-sama dengan elemen pelayanan lain, baik dari pelayanan anak, remaja, kaum ibu dan bapak, dan tentu saja dari para pemuda sendiri, kehadiran warta jemaat yang dapat menjalankan kedua fungsi di atas menjadi sangat memungkinkan. Tentu saja para pegawai administrasi gereja harus terlibat karena biasanya merekalah yang bertanggung jawab dalam menyusun laporan keuangan.

Lalu, siapakah yang akan menyediakan tulisan sebagai bahan warta? Ada banyak pihak dalam lingkungan gereja yang sebenarnya bisa berperan sebagai penulis. Ketua majelis jemaat, pendeta, vikaris, para majelis, guru-guru sekolah minggu, dan para pemuda pada prinsipnya berpotensi sebagai penulis. Pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki selama melayani tentunya menjadi bekal tersendiri untuk ditulis dan dibagikan. Selain itu, warga jemaat pun dapat diajak berpartisipasi untuk menulis.

Kemudian, untuk membekali diri dengan kemampuan tulis-menulis, ada baiknya diadakan pelatihan menulis. Selain memperkenalkan dunia penulisan kepada warga gereja, pelatihan seperti ini bukan tidak mungkin akan menghadirkan generasi penulis Kristen. (Hal ini sebenarnya menunjukkan betapa pelatihan menulis di lingkungan gereja sangat potensial untuk dilakukan.)

MENGATASI KENDALA KLASIK

Harus diakui bahwa biaya selalu menjadi masalah klasik. Bagi gereja yang mapan dalam hal finansial, kendala satu ini tentu tidak terlalu berarti. Namun, bagaimana dengan gereja yang kecil?

Ada dua cara yang saya rasa ideal untuk ditempuh guna mengatasi kendala ini. Pertama, perlu disadari bahwa warta jemaat tidak perlu dicetak secara eksklusif. Dengan jasa foto kopi pun kita masih bisa mewujudkan fungsi sebagai media komunikasi dan pembinaan tersebut. Tentu saja, isi harus lebih ditekankan lagi.

Cara kedua, kita bisa menawarkan promosi usaha kepada para pengusaha di kota di mana gereja berada. Pertama-tama dengan menawarkannya pada pengusaha yang mungkin ada di lingkungan gereja sendiri, lalu menjajaki para pengusaha lainnya. Meski tidak mutlak, tentu lebih disarankan untuk mengajukan tawaran pada para pengusaha Kristen. Dengan cara ini, kita berharap para pengusaha tersebut turut mendukung pembiayaan pencetakan warta. Hanya saja, saya lebih menyarankan agar tidak terlalu mematok tarif.

Nah, bagaimana di gereja Anda? Sudahkah warta jemaat diberdayakan secara maksimal? Kalau belum, mengapa tidak memulainya?

Oleh: Raka Sukma Kurnia

Audio: Memanfaatkan Warta Jemaat

%PDF-1.7 %âãÏÓ 237 0 obj <> endobj 254 0 obj <>/Filter/FlateDecode/ID[]/Index[237 40]/Info 236 0 R/Length 87/Prev 742126/Root 238 0 R/Size 277/Type/XRef/W[1 3 1]>>stream hŞbbd```b``Ö‘ŒÀäLÉÊ÷‘L‡ÀìV0{6˜İ&7ƒEV�Éÿ`‘. Éq5,²Nş`‹a`ÚUÚ0 äÆ?o :T? endstream endobj startxref 0 %%EOF 276 0 obj <>stream hŞb```e``:ÃÀÂÀÀ3ŸA„D˜�r,ú6°übH4`=Å�^Àú‹[Ş�Õ�!éë Òiõo§�´ì-˜t´­°ê¡Â9ÍÉb’G?Å0›lL¬zh°´›û:g«N{{GCECZE“zGƒREKECETŸ @`ÊÀñHóƒİŒ3Á4s.·£&ßF&¾ŒR‚iü—/20:€”`ˆ````à�e`…fÅÀmá2èùÇp/[3p[«i&ö3pQ{î€sµ— ¹µ>Ğ endstream endobj 238 0 obj <>/Metadata 61 0 R/OCProperties<>/OCGs[257 0 R]>>/Pages 235 0 R/StructTreeRoot 106 0 R/Type/Catalog/ViewerPreferences 256 0 R>> endobj 239 0 obj <>/MediaBox[0 0 595.32 841.92]/Parent 235 0 R/Resources<>/Font<>/ProcSet[/PDF/Text]/XObject<>>>/Rotate 0/StructParents 0/Tabs/S/Type/Page>> endobj 240 0 obj <>stream hŞÄ—İOã8Àÿ?Âø3q"­� ¥ËI·‚Şq:´ÙÖW"¥-j²{ğßïÌø£)ôƒãå@®Ïxìx~OT–1ÁT–3)-Ô–I£ .˜’êŠf*�"‡Z²L`­˜-@/׬Ԡ—o@9ÏÀ@†`18L E`S”8”V•+™2e Åt�B¯Î±Ûh0ÔfL[˜ûÓ'>ñ+×ü„•�ÿ�Ÿ;æÃ[\.&Ëi½˜Aóëp4\Nb“ßóöìŒ�–‹ä4^¡—ÿ] ¿Ãƒñ*¨T»fÚB—ò]8iİ>5Õ×]ãX·úáHpSÍİÑ•«¦nÕ‚õeõ1¿<9şûÅgşG[Í.ªËÆÍM÷ã{‡W£3úƒ®ók~³\Í«†_˜ô.Ÿ»Ïw]Õ9>©˜$5�ŠmâSA ƒvs°¢”|ğsv_O»Gf”åÕÓ•«g�Ë­åCçÕN”Ìù¨©f-ÓŠ6çü|ùüp’(Ÿ �#¾‘_–�ë¹koÜ¿·Ëyµøzwr¾l¦×c’ßû¬ü·®jêÉ`1ƒÍül:Â(~]=ûU)˜„ßunş'vÓ¡ \Úª~ê–+şWX±Êàİà—mÿ÷’İr­õƳUŠå@溕Kɬ-¨è¢ÌµQVCzôz~T˜£”$P$n”mN�¦PÙ€™Xã‚b¿³ëV�hG©ğú°$İ“»ß�›ªu¸m»ÜÏ ¿¯ƒE[§çQ½j»‹Çj=¿Şx:ñx2¾TAE*™ úä­ä2Nm)@ij•C!û–ú0‡yâBŒØÍá&‚æ}æÒDÅFĞ’çĞ/0”cÛë‘ßQÆbğ¡OÏ�1RĞ'hJv©„<â— èXÀ� endstream endobj 241 0 obj <>stream H‰¤T]kÛ0}ׯ¸�ÖÀ²>,ˆRh›²%[ØJÜ•Qö ­NğÚ:Yìöï§�&UJÇfíÅ Kœsî½çÜl±Ñet·‚¤éÒËÎægÓ P8>>�œú‰¨9ÈJÁ¡Ì©8ltõ:tZ£ì킪GY]S`ê%b¼ ”ƒ%‘%Ô7è:ùÔ` É=NHt‡SÉRë?áJoqÉ aÖà”ï_ëğ×z†ÎktñW1Ï"¸D©ïnqjT|³¬O:ÓCÛë{,vÜw‹™‘â…é(zQR’ÒOô�ö5ÁÜVÚà=ǯP‚noíÍ®/QÅç’Ğ S¤Ê=ûÔÀÔåz‹Õ¾·}…nŞ”2@7"ëãQÊC”ëä}³Ñ7nFÎv®/ZG�@™&¨Pæ!S¨ŠPñZ±çs“�”ı9Cì_3Ğ1N¨„¢R„•#éøx:Î%a U¹3Êݺóî€Ïí÷F]?¶ |l{ж{šf’…{ĞAx›ÀÈ«¨“T2Ğ7¢"¢”Ù¥QHIÔ.µëŞí®ÿI£(lCÔË®ux�®Cnñõí û8|cë™ ßï[�‹S;,·Í��?®£†RH»ÛB>ß�Æסá9!ÓèœóCèóÎãÓ&L ÆÚKFØ«b��åDøêNFm$ø-À è³³- endstream endobj 242 0 obj <>stream H‰¤UËnœ0İów‰«âÁ/¤(‹<Ô6m¤TC”E”…£a&ƒK ,ò÷õÜ.Ú’ Ìøšs���� …|Ğ,ÃI ᘭ!ß�á3Š„¯]‹e…�ò›à:¾?ƒb™ÀŒÂšœQh‹àá¨à"Vy±¨Œ1§3ÔP~0(×·— ¡V›F*8;[}“ja¡¢û Zİ^~¹‚ÎÏ/®ô¬¿·#C;BN×zª~¯İ¿�>¡ğÌGyטGÛIé7è'Ï <µ<;2Õê¢E¾±Å EÙ0OM3¶¥ÆÓ7¥ê¬ì…m¦$J!<Âÿh?.ƒ¥sæ-co)8h%Ãσüh»ëNo��›7RÚ–MÑ«®¯*WŠ(�û“f8(ÕEıì•^8m³Jì~´¦RË×rI7JµëجÛ"7Pšá˜xœ+KØíêÖ>©A“æ![7;8;a£×�ÊûC/‘¶…rı�²^f‰ò^EX*0É<Ş�UDÙç±´îÜëä÷aOİèø&áQ¾,R‘¯cÌ“ùšî�WüÁ�I‚ÉÉ�j_˜üÓÇ~‰á…¶ Ÿ!†/}¹ˆZšâ˜zÔœæµT;H³ÒJ�èLh‘ığrYc7…±TíBkö½©'zèSa7«-Lê²(J(¦Ìcÿù«iu�" áİè Çʽ+½ÁÍd¦ºéM.êuàE~ÑJÒ¹’‹Î _s,¸·"gãf”ğñ((fè��µ‹Æ� m§%ÓªÍ ±‹z³û5H&Ëj:‰ä÷tµ01ŒÁ6]Tcº¹oü»nì½ÿó>ѹõ¿ £–Öx endstream endobj 243 0 obj <>stream H‰¤UÁnœ0½ó>âjq0Ø`®‘zi/©„ÔCÔƒÓê�5Œ¢ş}í1ŞeÓ4RÈe<³ïͼ¿­¿DŸëè[ô;JQŠxÅI�!Á(©245Ñ÷OHG·utS×ÑÕmÄ'œ"Î3’ST£ûø'9ŠÌP¬áó '”¢X(©‘;(í#6Ót}DøGıî (ÍI)Ï…+*85ºë-q�â^B!û EIø5ô×AÏ8k£í$O+�eR»h2^�Œ_ÑôÃiÑ ôò Ì ¨2û$±=5¼[Y%N¸¥–Ø úë°«€¼ä$-ß(`&Ëò—˜—†©ÃIájw³Q³\C4(©qR}p2FÊ•øÃj•eò-¹ä–àÔğÂÉ«©… <Ã6MFb¾M‡:ÿ¯t;L.v’.âöüm"è 05n��şæ„÷Œ�¥Ä¢nÕ87ZSÚl®¬ôWvOıu9sÅ×�ïF¡)aÅí@ [`Á*�r·%³êm@î¯lÍÏÍø¯`3‰ EÏ3°f¯øDF�ç—Á‡Ìfæ!­_ä–QÕºˆµ¡?>¯[üò̪?0ö¸¢aÙæŞïà¤F°sŸD 3¾èjvèÊDN*ö¯°½VıGÿXUº‚®òvËi\�®ÇTœ]ÛH÷Z^´\½')]ŠrƒëatágŞ �mBÀû ìÿ@øÚ: ÖÃÜ8Ï�Z<ü®´N¨‡€:BªÇ0ÁF�àÖ]Ó ú+À �'¸D endstream endobj 244 0 obj <>stream H‰¤TM�›0½ó+|ÄUqñ_×Õ®¶İªR«"íaÕƒ·!‰C ) ªòï;½…\H<¶Ÿß¼y3Oeğ#øÄ$&I‘0)H®8+éªàõiƒ‡2øT–œpAÊu rÅET‘1ÎI¹ ŞÂ�î5MIØú«| �nä\²,'*—LzÀ½¡‘$á¹êhBBMüï;Áœ„+\·vUÀêP÷MÕ�1x¢�Ih>¦â$ì*šAôxhW•×K±0̦o5�àl=7z�ë­_Ÿ´E9÷7å)|�QÌb•“ò7Q"eJN2ëêBËİ­Ê)%˜È¦8dJ²d¦¿iׇÎ&Ş€ ÜW`TÜ­¨Uú®‚§Küƒ«AÙÇçu˽�s¦ÒÉ‹„áàôBÍx>j4fg¼·Îvf~é+¿ƒ“İÏLG¬÷GNÖ³ñ ïÑ™Şû¾©l‡�õ¶7şş»³æ_l=û�P•Ó İ®µí§[ŒİUµÜâÕxµ ˆÜAÿ%ÈBä@ã»Í33¤òŒy¸ÆÜMܵˆ“K‹§Ï_-Ú¼6¨1’rÍkÆ`ÁŸ×º4Ǿƒ)°€†”˳ �Ev“J1™Ì’yÄÚîu3äğÍ�±‹'¬Íu^‰ö¿Pn÷×4‚{‡®ÁªœÌ]‡3ğ´kÓÿ¼)€(LÏZ»ñ;!“ã4F7:³nğk•Z*KãÊf‘Æ6A¡iN§¾yG· Ïɧ³dõƒT!•ºòùGÉШC²N”›mˆyûvÄZ�ª=/�ü` +\±Ê endstream endobj 245 0 obj <>stream H‰¤UÁn›@½ósd«°fa�¥Šrpµ±k)U¨|¨zX‹�‹¨‹AVÿ>³Æ ªRÁ³Ã{3óæç‚ÆÀ9£"†$µ¾ÛŠp°KE"°w ˆãEx÷y©£s|û™8>Ø@~$ë1±¾Z¿-\â€ú„Š=(•µş …5O¬Y’0`$¯c>�pOP·¥[H‚hU6 Îw)pG—ê²�“ £ˆº^Mv£Q§Ñ ®m]'[ê9âT}·�+âàpó�*I v¶—…9ÂX*‰ƒ¡â’Z˜\ó~¾‘?÷’„½óÓåôdN�Äané²Ò,7â5Ñ¿ZR*+¬€_©3ãÔk°S¹Á5— ™`xÓt~TZµMİÅ7ÍfGœ‰éL·À",q'ÓS‡óvÎß›üm&«®a“�fçŒOSúğyLY0è£oih´=&�‹�26 _Οۡ7åwæĞ¢ V;¸$ÕEU﯒ÉE üSÕĞ,JVl·5ìUªôNÚ½™@å±€†q�ʦ|å1AQÌÊÙ��«{@¨ÙË=t{;û"‹-تp¾½�Ùêşé"¸»›?`Öˆù ü8-T8–Nü?�;”Ã�¼îc¼T`ı«ÔÃO� a¥WÏlaÉ$<¡•Cm&}T6�Æço7°–e¥×EÂbŒpç¢|=k6(Ê�ç†RÊêé_'!¾Şÿ>2vz�>�ú't¨BP?î¡�Ğ,�¶"5â«ş�÷”AÑğ.À H³²¼ endstream endobj 246 0 obj <>stream H‰¬UKo›@¾ó+æÈVa½»À’•C‡T�Ô(D=T=`™bŠ½q�=äßwwvqœÆRİ–˜á1ßkÆËåâS¥k==’Åıõİ p——W7×ü0H‹”Æò„ÓB@__>€ ®Ê`Q–¸€ò{ÀeA‹â$¥¢€r| ?×$…P‘(†p�Çjƒ'�Ç-ɧŸ•"ßÊ�Ám<üEKç”ñ£–!�ò‡ıÊí½Áş,÷•‚åD±]Gw7E~&EFYÊ¡±}ùD5)h–C,šÆ�*Ò¨Ibø�-^¨F½T¶ $’vÏ;­ÜÍï-œÍû#ÓÜK¾«{«¹Şã÷]—óµ=ÕCf”É£�ÿék™üñ1n�H©ä:ÉTC¢•K¥9{E×�”­¦Åté˜�$2�†sÈ)ò˜r‡mİîµj:×½7fEIb2»«”ÚŠ˜âÖ˜UmPAØ´£KøT÷ôl¢l&€RĞDz„.r�SÍ4ÍŒ®áso ¦›j‡jh©-F�Ò1£}¤#>í "Ât&„æÙÌÜ{€x«�®ˆtH…°3±F£İ4 ¢=‰¤›¼?Öj|‰à n3�øN̤õ”!àx´P´æ‚bhÀ[Üú@2Fır9ÒÀzÆß9l«Â<8]WøŠKÆëEõ|ó³‚J¯ævZ}�>Êd‚>âb²T´/½¼ròô`„İÉÙ0ı0öºstûå3ñMsêw× ƒÑwh…³Ş�–gÛfXù;—©Ô:PcÊ�¡‘ûoà²ßÕ»v‹âµ~ßü+ü` �Š»‰ endstream endobj 247 0 obj <>stream H‰¬•ÉnÛ0†ïz Å"¢ÅEä�8‡5Š" r(r cE–mÑ®düö.’�¤EQËɤ†œoşYüü)ï6÷BF•Ş$Ï)¢åo¥œ$)¢<%,FùÂûé¿uªl+„ƒ8Cş¾hp¤_jß¹-‰ò湑K½™ ¿í$æ`§�Šü¥ıîV³R%à<Â/ùWï>÷~x¿¼…(Ê"ÂJ%CMá=ÿ›—&ÄáÖ…Ztk`_<”uaÑøFş«^÷ �ºŸÊ�Àx¯·u§*XÀOóYG?�1‹I*,ã¶)%Uµ²­Hùıì�‡ÉãN*t}=ù&! ¿PÁÓ#�Ìî¦ú››Û)˜��ƒí Ä›¯şî¶ZÓŞ-ál=�ş»)¡Ò*_µ8 C:`,b}A©ñÂ9l&ˆ‹ˆ°Ì•ˆTCîWEmjCi¯!8Ò,¡c©¥Ù…,턵ÜÛºP¥²5|5-t½Ï% ¶ùå°™ ·ØÖÅ((OÀçÜ`6­©uÇA3"N1üÀUÍY·1N”™ ©�?†Ñµ&OK#§•ö"¢†œ¤Ù0.^q/ãÎ<+´7IîV4Äá(%´ iÑkIF©Ç$ŒO8ş§Åù½Èµß±”jßù• ïs;ØšvꋾgM“RÚOV;Å+¹w;B—ˆ†DÄG¾A–Éf1ÓwöÉ.�íÍvcRÜ7O¤ÿÈÚ®†X™kõÆlÇı$:¼3… Òµ•Ñîêb½ÎÀ6q]ñ%PÔ0y"�¥Å1?ªßûp¿ ß pÂÚ endstream endobj 248 0 obj <>>>/Resources 273 0 R/Subtype/Form>>stream H‰d�=‚0†÷şŠu ^Å2Bb¿Ó¸DI šøëm\Ş·wOß»CÈaiT­átFHMUƒ0„�iÔÕšmÍó¶õÖš¶ö ‘"³PIeãêFr#gNeàƒJÉ$ŞÂX­œ{W'M¡€)¨’H‘{v‡ÉÛª§lN¹ËÊ{&©;æöíTøl€î_,ꪤé)7Xˆßø3«/™î¿

GKJBrayatKinasih, Miliran – Gereja kini dihadapkan pada majunya perkembangan teknologi. Banyak gereja kehilangan “taji”nya karena berhenti untuk beradaptasi dengan gaya hidup masyarakat. Zaman berubah, gereja harus berbenah, dengan semangat dan jiwa Kristus yang sama.

Saya sudah mulai dapat mengingat dengan benar pada akhir tahun 90-an, dan pada saat yang sama itulah, saya menyadari bahwa setiap hari Minggu, saya akan bersama dengan keluarga menghadiri ibadah di gereja. Gereja Kristen Jawa (GKJ) Plengkung, itulah gereja yang rutin kami kunjungi — entah bersama kedua orang tua maupun bersama nenek. Enggan berpisah dengan keluarga, itulah alasan yang membuat saya telah rutin masuk dalam ibadah umum sedari kecil.

Salah satu yang saya hafal ialah prosesi atau kejadian ketika saya beserta keluarga hendak masuk ke dalam gereja. Sampai di teras, ada beberapa orang berpakaian rapi menyambut kami dengan bersalaman — persis ketika hendak memasuki gedung resepsi pernikahan. Belakangan, saya baru tahu bahwa mereka memiliki sebutan usher, meski di beberapa gereja, jemaat lebih familiar dengan gelar penyambut jemaat. Seusai disambut, kami akan diberikan sebuah booklet atau leaflet yang disebut Warta Jemaat (selanjutnya akan disingkat warje). Di kertas inilah, tertera informasi dari gereja yang perlu diketahui jemaat, baik seputar kegiatan gereja, agenda pada minggu atau bulan mendatang, kondisi keuangan, serta informasi jemaat (pernikahan, kelahiran, ulang tahun, atau berita duka).

Beranjak remaja, saya mulai mengunjungi gereja lain yang berbeda dengan kedua orang tua saya. Biasanya karena afiliasi dengan sekolah tempat saya berada. Pada saat inilah, saya menyadari, meski denominasi (atau aliran) gereja yang saya datangi berbeda-beda, tetapi rata-rata memiliki proses penyambutan jemaat yang hampir sama: beberapa orang berpakaian rapi menyambut dengan salam hangat, kemudian menyodorkan kumpulan kertas berjudul “Warta Jemaat”. Terkesan bukan hal penting memang. Namun, bagaimana kultur yang sepele ini justru yang paling luas diaplikasikan dalam ibadah gereja?

Tidak ada dokumentasi dan paparan yang gamblang dari sumber tertentu mengenai sejak kapan gereja-gereja di Indonesia mengenal sistem warje; atau alasan warje ini dibuat. Barangkali memang sejak awal tidak ada yang menganggap warje merupakan bagian penting dalam peribadatan sehingga keberadaannya luput dari pengamatan orang-orang. Barangkali, alasan yang sama pulalah, yang menyebabkan keberadaan warje tidak diusik, meski zaman telah berganti dan gaya hidup masyarakat telah banyak berubah.

Melalui artikel ini, saya hendak memberi panggung istimewa kepada warje untuk menyadarkan dampak yang diberikannya, kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, sekaligus analisis relevansinya pada era informasi dan teknologi seperti saat ini.

Kebiasaan gereja memproduksi warje setiap minggunya agaknya tidak terlepas dari tren masa lalu dan sejarah gereja di Indonesia. Sejak prakemerdekaan, kerap dijumpai cerita yang mengisahkan bahwa corong informasi dengan daya penetrasi paling besar di tengah masyarakat ialah media cetak. Karena itu, tidak heran jika dari sebelum merdeka hingga sampai orde baru, media cetak nyaris selalu berkonflik dengan pemegang kekuasaan — dan tidak jarang berujung pemberedelan bagi media yang tidak mau tunduk. Alasan keterbatasan teknologi dan mungkin biaya produksi inilah yang membuat media cetak menjadi primadona, baik untuk masyarakat maupun sang pemilik kepentingan pada masa itu.

Dari sisi sejarah gereja, kita ketahui bersama bahwa kekristenan dibawa para misionaris Belanda dan Jerman (bangsa Eropa). Dengan kata lain, gereja disebarkan oleh kaum intelektual yang setidaknya bisa membaca dan menulis. Mengacu pada kondisi waktu itu ketika sistem transportasi dan perumahan belum sepadat sekarang, kita dapat bayangkan bahwa akses menuju gereja tentu belum semudah saat ini. Guna menyebarkan informasi — terlepas dari sifatnya yang internal atau untuk umum — diperlukan sebuah media yang mudah dibuat, murah, dan dapat dijadikan sebagai pengingat. Jawaban satu-satunya ketika itu tentu saja: media cetak — yang berujung pada produksi warje.

Namanya tren tentu saja akan berubah seiring dengan perkembangan zaman. Hal ini mulai terjadi seiring berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi serta dibangunnya infrastruktur pendukung untuk teknologi tersebut di Indonesia. Perlahan tetapi pasti, media cetak sudah mulai tergusur oleh media elektronik, khususnya internet — yang dapat menyediakan informasi dengan lebih cepat, terkini, mudah diakses, dan murah. Bahkan, kini banyak media cetak yang berangsur menurunkan oplah produksi fisiknya dan mulai bersaing dalam ranah baru, media daring (dalam jaringan= online).

Gereja sebagai lembaga yang hidup di tengah realitas kehidupan masyarakat, sejatinya perlu beradaptasi dengan kondisi nyata yang sedang terjadi. Sama halnya ketika mewujudkan warje ketika media cetak masih menjadi arus utama metode penyebaran informasi, maka ketika arus utama ini beralih pada media lain, penyesuaian menjadi perlu untuk dilakukan. Walau demikian perlu diakui, bahwa move-on dari produksi warje tidak semudah membalikkan telapak tangan; banyak tantangan yang harus dihadapi, termasuk dari internal jemaat sendiri.

Bagi daerah dengan akses komunikasi terbatas, peralihan warje cetak menjadi daring memang belum relevan saat ini karena selain tenaga ahli, infrastruktur juga menjadi masalah tersendiri. Namun, di sisi lain, kenyataan bahwa pemerintah sedang menggenjot ketersediaan kemudahan akses informasi dan komunikasi di seluruh negeri tidak boleh diabaikan. Cepat atau lambat, perubahan akan terjadi dan masyarakat akan terbiasa dengan kecepatan informasi dan kecanggihan teknologi. Ini bukan ancaman, melainkan peluang yang perlu dipersiapkan dengan matang agar gereja tidak keteteran dan kalah saing ketika panggung telah tersedia.

Sebelum mengulas dampak dari warje, saya akan membawa pembaca sekalian sedikit kembali ke masa lalu. Ketika gereja masih sebagai lembaga asing (di bawah lembaga misionaris Eropa), gereja mendapat dukungan moral dan materiil begitu besar. Dukungan ini oleh pendeta dan jemaat lokal sebagian dialokasikan untuk pelayanan masyarakat, baik dalam wujud kesehatan, pendidikan, maupun bantuan ekonomi. Gereja menjadi dianggap keberadaannya oleh masyarakat lantaran peranannya dan keterlibatannya dalam menyediakan kebutuhan masyarakat kala itu. Gereja menjadi bagian hidup masyarakat.

Dewasa ini, di tengah masyarakat yang serba sibuk dan akrab dengan gawai serta media sosial, gereja mulai kehilangan dampaknya. Bukan karena gereja berhenti menyediakan layanan kesehatan, pendidikan, maupun bantuan ekonomi. Toh lembaga-lembaga tersebut masih ada wujudnya hingga saat ini (baik sekolah, rumah sakit, maupun koperasi). Penyebab gereja kehilangan tajinya ialah karena gereja berhenti untuk beradaptasi dengan gaya hidup masyarakat. Model pelayanan dan kegiatan yang dibuat oleh gereja masih mengacu pada apa yang ditanamkan oleh misionaris Eropa seabad yang lalu. Praktis, daya tarik tersebut kian lama kian pudar.

Gereja lebih sering menyuarakan keburukan gaya hidup kekinian dibanding mencari celah untuk masuk dalam kehidupan umat lewat gaya hidup tersebut. Media sosial, provokasi, berita hoaks, keacuhan di dunia nyata, berfokus akan diri sendiri dan uang (self-oriented dan money oriented) — semua sebatas disanggah lewat ucapan mimbar tanpa dibarengi perlawanan lewat medium yang sama. Ora et labora, semboyan bahasa Latin yang memiliki arti bekerja sambil berdoa. Mengutip filosofi sepakbola dari Pep Guardiola, “Pertahanan terbaik adalah dengan menyerang” — maka tidak cukup membangun tembok pertahanan via doa dan khotbah semata, kebaikan harus diperjuangkan lewat berbagai lini.

Memuat warje dalam wujud daring merupakan salah satu cara membuat gereja kembali dekat dalam kehidupan masyarakat. Tangan orang perkotaan yang susah lepas dari gawai menjadi salah satu keuntungan dalam memudahkan gereja mengingatkan jemaat akan keberadaannya (melalui online reminder atau notification).

Sama dengan keuntungan yang diperoleh perusahaan media, penyediaan warje daring membuat informasi tersedia lebih cepat bagi jemaat, lebih mudah dibuat oleh content maker, dan lebih murah dalam operasional. Begitu pula dengan pengurangan limbah kertas akibat produksi warje cetak setiap minggunya, warje daring jauh lebih ramah lingkungan.

Zaman berubah, gereja harus berbenah, dengan semangat dan jiwa Kristus yang sama.

Membicarakan dampak tentu harus mempertimbangkan fungsi dan tujuan utama dari warje itu dibuat. Apakah warje daring memperkuat fungsi dan tujuannya, atau justru memperlemah? Dari berbagai warje yang pernah saya peroleh, warje memiliki 4 fungsi utama; yakni memberi informasi, media promosi, wahana apresiasi, dan membina jemaat.

Selama ini gereja sudah terbiasa menyuapi jemaatnya dengan informasi setiap seminggu sekali. Penggunaan media daringdalam penyaluran warje akan menuntut administrator untuk menyuapi jemaat dengan lebih intens dan konten lebih beragam. Umumnya, tantangan terbesar bukanlah faktor eksternal, melainkan faktor internal bagaimana gereja memutus rantai kebiasaannya, terlebih untuk membangun sebuah kebiasaan baru yang lebih rumit dan kompleks.

Dari segi fungsi, media daring justru memperkuat fungsi mula-mula warje — dengan memberi informasi yang lebih cepat, promosi yang lebih intens, apresiasi yang lebih berwarna, serta pembinaan yang lebih terstruktur. Media daring bahkan berpotensi melahirkan fungsi baru yakni sebagai kanal komunikasi dengan jemaat (seperti kotak kritik dan saran) serta sistem pendataan dan pengawasan (monitoring) jemaat oleh gereja.

Pada beberapa kesempatan, saya kerap menjumpai warje cetak dijadikan “tempat pelarian” jemaat dari khotbah yang membosankan. Dengan gestur membolak-balikkan tangan pada kertas warje ditambah raut wajah serius, sebagian orang justru membaca warje pada saat pelayanan firman. Kalau warje berada dalam format daring, penutupan akses membaca warje ketika kebaktian berlangsung memungkinkan untuk dilakukan. Suatu nilai tambah yang tidak dapat dipenuhi oleh warje cetak.

Setelah mengulas urgensi dan peluang dari warje daring, saya akan coba mengulas apa tantangan dan kendala yang mungkin dihadapi oleh gereja untuk berpindah ke warje daring, atau bahkan ketika gereja telah memiliki warje daring.

Kita tentu sadar bahwa gereja sebagai salah satu komunitas sosial terdiri dari individu yang jamak — beragam dalam berbagai faktor kecuali agama. Tantangan pertama dari warje daring ialah memiliki kemungkinan tidak dapat diakses oleh semua kalangan. Umumnya, golongan orang tua dan mereka yang diberi label “gagap teknologi” serta orang-orang dengan keterbatasan akses internet ialah mereka yang berpotensi tidak memperoleh informasi dari warje daring.

Peralihan warje cetak menjadi warje daring tentu memerlukan proses yang tidak sebentar. Membangun platform yang dikehendaki (website, blog, aplikasi Android/iOS), menyediakan sumber daya manusia dalam pengelolaannya, serta membangun sistem yang terintegrasi dengan badan organisasi yang telah terbentuk — semuanya memerlukan waktu, energi, dan biaya. Meski tidak tergolong hal yang mustahil untuk dipenuhi, tetapi umumnya tekad dan konsistensi pada masa-masa awal berubah adalah tantangan yang mau tidak mau harus mampu untuk dilalui.

Pada era sekarang, kanal informasi terbuka begitu luas. Hal ini menyebabkan banyak potensi dan kesempatan baru bermunculan — baik positif maupun negatif. Dari sisi positif, distribusi informasi yang semakin luas membuat gereja dapat menjangkau lebih banyak orang, berinteraksi dengan lebih banyak lembaga, menjalin kerja sama dengan pihak-pihak tertentu, dan sebagainya. Namun, dari sisi negatif, luasnya distribusi informasi juga berpotensi untuk disalahgunakan. Oleh karena itu, warje daring wajib dikelola secara profesional dan bertanggung jawab — dengan mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang mungkin terjadi.

Bagaimanapun, tantangan adalah sesuatu yang harus dijawab dan diselesaikan, bukan dihindari.

Melalui rentetan pemaparan yang saya berikan di atas, saya menyimpulkan bahwa warje cetak dewasa ini sudah mulai tidak relevan dengan perkembangan zaman, mengingat media cetak sudah tidak lagi menjadi media arus utama dan mulai tergeser oleh media daring. Oleh karena itu, gereja harus mulai beradaptasi dan mempersiapkan diri untuk dapat berkompetisi pada era sekarang, salah satunya dengan cara hadir di dunia maya melalui penyediaan warje daring.

Warje daring memiliki banyak kelebihan maupun tantangan yang harus dijawab. Oleh karena itu, gereja dituntut untuk menjawab tantangan tersebut dan tidak tinggal diam serta duduk dengan nyaman — hanya dengan melanjutkan adat istiadat yang dibentuk seabad silam di bawah naungan lingkungan masyarakat yang sama sekali berbeda. Zaman berubah, gereja harus berbenah, dengan semangat dan jiwa Kristus yang sama.

Saya pribadi berharap, semoga gereja segera memasuki dan berkiprah di dunia maya. Melalui tulisan ini pula, saya ingin agar setiap pembaca terinspirasi untuk berjuang membawa kebaikan bagi masyarakat dan lingkungan sekitar dari berbagai lini, khususnya melalui media elektronik.

Diambil dari: https://kudapanpagi.wordpress.com/2018/01/31/warta-jemaat-cetak-masihkah-relevan/

Penulis artikel: Bram Setiadi

Purba, Ivah Desty Tiurlina (2019) PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI WEB WARTA JEMAAT GEREJA PROTESTAN DI INDONESIA BAGIAN BARAT MENGGUNAKAN LOCATION BASED SERVICES. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

Warta Jemaat adalah media terpenting dalam penyampaian informasi dari gereja kepada jemaat ataupun sebaliknya. Masih banyak gereja khususnya GPIB yang masih menggunakan metode manual yaitu melalui media cetak. Penyampaian warta jemaat melalui media cetak tidak sepenuhnya berjalan dengan baik, masih banyak jemaat yang tidak mendapatkan warta jemaat tersebut, mungkin dikarenakan habis, tertinggal di gereja, lupa diambil, dan sebagainya. Dengan metode manual tersebut seharusnya tidak diterapkan lagi untuk selanjutnya dan mengganti dengan metode yang lebih canggih dan lebih mempunyai kinerja yang baik. Dalam mewujudkan hal tersebut, pembangunan sistem informasi ini dapat dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Dan juga pembangunan sistem ini dapat membantu pihak-pihak terkait untuk melakukan pengolahan data dengan cepat dan mudah untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem informasi dengan berbasis web. Sistem informasi ini juga dapat mengelola data pengguna. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dan menggunakan basis data MySQL.